GARIS GERAKAN KADER DAN AUM

0
18

Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) merupakan bentuk artikulasi dan operasionalisasi tesis-tesis Pembaruan Muhammadiyah yang mendahuluinya selama ini.

Ketika masyarakat menggantungkan hidupnya lebih kepada benda-benda (azimat) mantera-mantera, ritual-ritual, makhluk ghaib, kultus dan ruh manusia yang telah meninggal daripada Allah swt dan usahanya sendiri. Ketika orang beragama (beriman dan mengamalkan rukun Islam) tapi ternyata tidak berpengaruh terhadap kualitas kehidupannya. Ketika orang beragama ternyata tidak peka terhadap lingkungannya yang miskin dan terbelakang, orientasi akhirati, spiritualitas eksklusi, mencari kedamaian dan keselamatan diri. Ketika banyak tuduhan bahwa islam itu mundur dan menghambat kemajuan. Maka Muhammadiyah didirikan dengan keyakinan bahwa agama adalah hudan (petunjuk) untuk kebahagiaan hidup manusia di dunia dan di akhirat, dilakukanlah rekonstruksi akal pikiran dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam untuk kemajuan dan pencerahan umat.

Dengan semangat Tauhid yang murni sebagai landasan, pembelaan terhadap kemanusiaan dan mencapai kemajuan kehidupan, maka didirikanlah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) untuk mengatasi semua persoalan tersebut secara transformatif, aktual, sistematis, inklusif dan melampaui.

Sebutan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) tak lain untuk memberi pesan bahwa ini adalah gerakan Islam, gerakan agama dan menunjukkan bahwa kaum beragama bisa mengatasi semua persoalan umatnya secara internal dengan menggali tradisi dan nilai-nilai agama yang diyakini kebenarannya, lebih jauh ini bagian dari upaya agar agama tidak ditinggalkan oleh pemeluknya (agama gagal), menghindari kesan agama hanya diruang privat, ritual dan spiritual semata, bahwa Islam juga sarat dengan pembelaan terhadap kaum mustad’afin, bahwa Islam juga adalah agama berkemajuan, bahwa Islam berpotensi menjadi alternatif peradaban baru masa depan, setelah peradaban sosialis komunis mati dan peradaban kapitalis sekular menuju kesesatan dan kehancurannya

Semuanya dikemas dalam kredo yang jelas diambil dari sumber pokok ajaran Islam (QS. Ali Imran 104 dan 110) : Gerakan Dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar sebagai ciri umat terbaik melalui Gerakan Tajdid dan Transformasi Islam, mengatasi Nahi Munkar dengan Amar Ma’ruf melalui Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang harus terus menerus dikembangkan, selalu aktual, inovatif, solutif dan melampaui untuk kemanusiaan dan kemajuan peradaban sesungguhnya.

Menjadi kewajiban seluruh warga Muhammadiyah, pimpinan, kader lebih-lebih Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) untuk terus menjadi Pelopor, Pelangsung dan Penyempurna Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang sering menjadi sorotan ketika dikaji dan dievaluasi dari sisi sejarah dan nilai-nilai awal pendahulu, ideologi dan khittah Muhammadiyah

Pesan KH Ahmad Dahlan : “Hidup hidupilah Muhammadiyah, jangan Mencari Hidup di Muhammadiyah”

Yang kita artikan bukan tidak boleh mencari hidup di Muhammadiyah tapi semangat pesan itu adalah Menghidupi Muhammadiyah ya organisasinya, ideologi dan pahamnya, khitah dan garis perjuangannya, serta nilai-nilai sejarah para pendahulu yang harus terus diwariskan dari generasi ke generasi, apalagi ditengah tantangan ragam gerakan dalam Islam.

Wallahu a’lam
Rudyspramz070220
MPK PDM Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here