PROGRAM JUM’AT BERSIH DI MIM BENER, SEBAGAI SARANA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

0
184

Kebersihan lingkungan madrasah merupakan faktor pendukung yang sangat vital dalam menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar. Terciptanya suasana nyaman, bersih asri akan memberi dampak yang positif bagi warga madrasah. Terwujudnya sekolah yang bersih dan nyaman akan memberikan suasana belajar yang kondusif untuk belajar. Selain itu, dengan pembiasaan hidup bersih dan sehat di sekolah, akan dibawa peserta didik ke lingkungan masyarakat masing-masing berbudaya bersih dan sehat juga.

Program Jumat Bersih MI Muhammadiyah Bener ini dilaksanakan setiap jumat minggu keempat. Jum’at Bersih yang merupakan program kerja rutin dilaksanakan. Pada setiap Jumat pagi minggu keempat seluruh warga madrasah berkumpul di halaman madrasah untuk kerja bakti.

Biasanya, kerja bhakti membersihkan halaman sekolah, perpustakaan, ruang kelas, ruang guru, masjis dan sekitar madrasah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik dengan bimbingan dan arahan para guru untuk membersihkan debu dan sampah, kaca jendela, meja, lantai dan kelas masing-masing. Jumat Bersih ini dilakukan secara bersama-sama dan dengan rasa penuh tanggung jawab.

Budaya Jumat Bersih dapat menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan dengan berbagai manfaat diantaranya menumbuhkan cinta dan peduli terhadap lingkungan madrasah.

Tujuan utama dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan peserta didik akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana belajar akan terasa nyaman, madrasah pun juga dapat terpelihara dengan baik.

Perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan tempat belajar khususnya, karena lingkungan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi belajar yang lebih tinggi dan mendukung sikap belajar yang antusias, sehingga mempengaruhi produktifitas peserta didik dan pendidik dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan Jum’at bersih dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah mulai dari karyawan, siswa, guru, dan Kepala Madrasah.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan unggulan sekolah dalam program adiwiyata dalam kaitannya tentang pengembangan kegiatan berbasis partisipatif. Untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, warga sekolah perlu dilibatkan dalam berbagai aktivitas pembelajaran dan pembiasaan ramah lingkungan. Sekolah diharapkan melibatkan warganya dalam berbagai kegiatan yang memberikan manfaat baik bagi lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya. (Red_Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here